Cara Menggunakan Genset Rumah Tangga Untuk Pemula

Genset rumah tangga merupakan peralatan yang biasa ditemukan di masyarakat khususnya yang berada di daerah. Seringnya pemadaman listrik dari PLN membuat banyak masyarakat khususnya yang berada di daerah terpencil harus menyediakan alternatif lain untuk mendapatkan listrik. Namun, hal itu bukan menjadi alasan bagi kalian yang tinggal di perkotaan untuk memiliki alat ini.

Genset terutama yang berukuran kecil akan sangat bermanfaat dikala terjadi bencana atau saat kalian sedang piknik di luar ruangan. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa membuat genset jenis ini menjadi alternatif terbaik bagi para pendaki. Jika kalian termasuk pemula dalam mengoperasikan alat tersebut,berikut beberapa tips yang bisa kalian ikuti.

  1.   Periksa kondisi genset lebih dulu

Sebelum menyalakan genset, ada baiknya jika kalian mengecek kondisis genset lebih dulu.Hal-hal seperti bahan bakar, pelumas, accu serta MCB pembebanan listrik.Semua harus diperiksa secara teliti agar genset bisa menyala dengan baik.

  1.   Lakukan pemanasan

Mesin genset sama halnya dengan mesin sepeda motor dan mesin mobil. Kalian perlu melakukan pemanasan lebih dulu kira-kira 5-10 menit agar agar putaran mesin lebih stabil dan bekerja dengan optimal.

  1.   Menarik koil secara perlahan

Khusus untuk genset mekanik, sebaiknya saat menghidupkan genset tersebut kalian perlu menarik  koil secara perlahan terlebih dulu. Setelah terasa ada beban, baru kalian bisa menariknya dengan kencang.

  1.   Mematikan choke

Untuk melakukannya genset harus menyala lebih dulu sekitar 5 menit.Sebaiknya saat pertama kali jangan berikan beban yang berat lebih dulu dan lakukan bertahap pada beban 500, 100, 2000 watt dan seterusnya.

Setelah melakukan berbagai tips di atas barulah kalian bisa mematikan gensetrumah tangga yang kalian miliki. Sedikit saran bagi yang benar-benar pemula untuk setidaknya membaca petunjuk penggunaan genset sebelum menggunakannya. Atau setidaknya kalian bertanya ke penjual bagaimana mengoperasikannya dengan tepat sekaligus bagaimana cara merawatnya agar genset tetap awet. Hal itu dilakukan selain untuk meminimalisir kerusakan juga karena tiap genset memiliki fitur yang berbeda-beda sehingga mungkin akan membuat kalian bingung.

 

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *